728x90 AdSpace

TERKINI
Tuesday 22 March 2016

Download Koran Migran Edisi 13 Januari Pebruari 2016 (e-koranmigran)

e-koranmigran
Ayo download Koran Migran edisi Digital Gratis
Editorial edisi 13 Januari - Pebruari 2016

Evaluasi atas dua tahun jalannya pemerintahan Jokowi –JK masih meneruskan politik upah murah dan didukung oleh kebijakan pencabutan subsidi bagi rakyatnya.  Legitimasi PP.78/2015 jelas memberikan dampak negatif bagi ekonomi mikro terhadap daya beli masyarakat, disisi lain nilai inflasi tak sebanding dengan upah yang sekarang dilakukan kenaikannya per  5 tahun sekali itu.

Begitu juga dengan perlindungan BMI lewat Undang-Undang Perburuhan belum maksimal untuk memenuhi hak-hak buruh yang hidup di negara penempatan, bahkan yang sudah pulang ke Indonesia (pascakontrak). Hal ini di karenakan kelalaian Negara untuk melindungi rakyatnya. Banyaknya kasus-kasus yang belum diungkap atas nyawa BMI yang bekerja di negeri rantau, kasus kasus konflik hukum, juga tingginya pengiriman BMI non prosedural (tidakresmi) yang sepertinya terus dibiarkan.

Pembekalan pengetahuan hak-hak buruh migran beserta jaminan perlindungan dalam Undang-Undang perburuhan Indonesia harus secepatnya dibuat dan diterapkan. Pembangunan posko pengaduan permasalahan BMI di di daerah-daerah, dan pendidikan advokasi.  Kehadiran UU.39/2004 tidak menempatkan BMI sebagai tenaga produktif, namun menempatkan peraturan yang gagal memberikan perlindungan sejati kepada buruh migrant dan keluarganya. Tingginya angka perceraian,daya beli dan ekonomi rakyat makin miskin dan lain sebagainya ditangani kurang serius oleh pemerintah.

Sederet peristiwa politik selama 2 tahun di bawah rezim Jokowi-JK membuktikan bahwa pemerintah memang tidak pro rakyat, kebijakan menarik investasi bagian agenda terbesar kebijakan ekonomi sungguh merugikan bangsa.  Bahkan agenda kepentingan global seperti world cup 2022 di Qatar juga mendapatkan penolakan oleh buruh migran di Melbourne Australia, memperlihatkan bahwa keterkaitan buruh migran dan perjuangan klas buruh makin erat saling terkait dan mengkaitkan.

Selanjutnya untuk membaca edisi terbaru KORAN MIGRAN versi pdf (Koran Migran Edisi 13 Januari Pebruari 2016), silahkan KLIK DISINI
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Download Koran Migran Edisi 13 Januari Pebruari 2016 (e-koranmigran) Rating: 5 Reviewed By: Unknown