728x90 AdSpace

TERKINI
Sunday 9 August 2015

Deportasi Massal BMI Juga Terjadi Dari Papua Nugini

Deportasi BMI dari luar negeri
Sudut kota Port Moresbi, Papua Nugini, Photo: flicker
KORANMIGRAN - Ternyata peristiwa deportasi atau pemulangan paksa terhadap Buruh Migran Indonesia (BMI) juga terjadi di Papua Nugini. Sebanyak 130 BMI yang bekerja di sejumlah perusahaan kayu di Vanimo, Papua Nugini, dideportasi secara massal. Para BMI yang berasal dari Makasar, Lombok dan pulau-pulau lain di Indonesia ini dikembalikan ke Indonesia melalui wilayah Skow-Wurung, Jayapura.
Informasi dari Konsul Indonesia di Vanimo, Papua Nugini menjelaskan bahwa 130 WNI itu dideportasi karena menyalahi izin visa dan tak melengkapi surat izin kerjanya.


"Saat ini mereka sudah berada di Indonesia. Sebagian besar yang kena deportasi berasal dari Indonesia, namun ada beberapa juga pekerja asal Malaysia dan Filipina yang kena deportasi," kata Elmar Lubis melalui pesan elektroniknya di media pada hari Jumat, tanggal 5 Juni 2015.

Sangat berbeda dengan deportasi dari pemerintah Malaysia, meski dideportasi pemerintah Papua Nugini, perusahaan tempat para BMI ini bekerja menanggung semua biaya yang timbul akibat deportasi tersebut. Termasuk gaji dan biaya transport pemulangan ke daerah asal para BMI.

Informasi lainnya juga menyebutkan para WNI itu menggunakan visa bisnis (bukan pelancong seperti di Malaysia) untuk bekerja di beberapa perusahan kayu di Vanimo. S
udah menjadi rahasia umum, Kantor Imigrasi Indonesia di Jayapura sepertinya tidak mengetahui adanya kabar ratusan BMI yang mengalami deportasi dari Papua  Nugini ini.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Deportasi Massal BMI Juga Terjadi Dari Papua Nugini Rating: 5 Reviewed By: Unknown