728x90 AdSpace

TERKINI
Tuesday 23 February 2016

Jenazah Eka Suryani Akan Dipulangkan Tanggal 25 Februari 2016

Teka-teki kematian Eka Suryani masi belum terpecahkan meski jenazanya akan dipulangkan.
Belum ditemukan penyebab sebenarnya kematian BMI bernama Eka Suryani. Photo: Istimewa.
KORANMIGARAN - Setelah sebulan sejak dikabarkan meninggal dunia pada 23 Januari 2016, jenazah Buruh Migran Indonesia (BMI) bernama Eka Suryani asal Kabupaten Malang, akhirnya akan dipulangkan ke kampung halaman pada 25 Februari 2016, seperti dikutip dari Tempo.co.


Rencananya Jenazah akan diberangkatkan dari Bandar Udara Internasional Baiyun, Guangzhou, ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan pesawat Garuda Indonesia GA 889, untuk kemudian diterbangkan lagi ke Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur, pada Jumat pagi, 26 Februari, dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 302 dan dijadwalkan mendarat sekitar pukul 07.05 WIB.


Bakti Riza Hidayat, penasihat hukum keluarga Eka, meminta jenazah Eka diotopsi di Rumah Sakit Umum Daerah dr Sjaiful Anwar di Kota Malang. Keluarga masih beranggapan Eka meninggal secara tidak wajar karena, semasa hidup, Eka sering mengeluhkan perlakuan kasar sang majikan. Keluarga menolak jenazah Eka diotopsi di Cina karena banyak organ tubuh yang harus ditinggalkan di sana.

 
“Informasi informal yang kami terima, Kepala Kepolisian Resor Malang telah merekomendasi dilakukan otopsi atas jasad Mbak Eka di RSSA nanti. Tapi, pastinya kapan, kami masih tunggu jawaban tertulis,” katanya.


Eka Suryani bekerja selama kurang lebih 7 bulan sebagai Pekerja Rumah Tangga (PRT) dan diberangkat ke Hong Kong pada 24 Juni 2015. Perempuan kelahiran 7 Mei 1992 itu diberangkatkan PT Surabaya Yudha Citra Perdana (SYCP) dan kedatangannya di Hong Kong ditangani AIE Employment Centre, mitra kerja SYCP. Eka bekerja di rumah Tai Yuk Mui, yang beralamat di di HSE 10 Peak House Tung Lo Wan Shan, Shatin.



Pada akhir Desember 2015, sang majikan mengajak Eka menikmati liburan Imlek di Provinsi Fujian, Cina. Namun, ternyata, Eka dipekerjakan di proyek pembangunan hotel milik sang majikan di zona industri Xin Yu Ting, Luodong. Eka tinggal sendirian di rumah lama milik majikan selama hampir tiga pekan, bekerja di Luodong, sampai kemudian ditemukan meninggal di kamar mandi dalam kondisi bugil. 


Hingga saat ini belum diketahui pasti apa penyebab meninggalnya BMI Eka Suryani, hanya saja dugaan sementara penyebab meninggalnya Eka karena tersengat arus listrik dari kebocoran pada sistem pemanas air di dalam kamar mandi, berdasarkan hasil forensik Kepolisian Distrik Nanan yang diterima KJRI Guangzhou.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Jenazah Eka Suryani Akan Dipulangkan Tanggal 25 Februari 2016 Rating: 5 Reviewed By: Zulkifly lamading