728x90 AdSpace

TERKINI
Saturday 12 March 2016

KJRI HK Menang Lomba "PAMERAN KEMBANG" Tetapi Dalam "Melindung BMI" Nol Besar !

Kritik dibalik kemenangan KJRI di Hong Kong Flower Show.
Hong Kong Flower Show. Photo:Istimewa
KORANMIGRAN - Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong, menuai pujian serta suara sumbang dari sejumlah buruh migran Indonesia (BMI) yang berada di Hong Kong, usai menang dalam sebuah event Hong Kong Flower Show 2016, kategori golden award for design excellent.

Event yang diselenggarakan setiap tahun oleh Departemen Kebudayaan Hong Kong tersebut berlangsung sejak Tanggal 11 sampai 20 Maret 2016 bertempat di Victoria Park, Causeway Bay.


Sejumlah BMI Hong Kong mengucapkan selamat atas kemenangan KJRI dalam kategori golden award for design excellent, dan tak lupa menyatakan protes kepada kinerja KJRI yang dinilai kalah jauh dalam hal melindungi BMI.


"Hebatnya KJRI, menang di pameran bunga. Tapi soal perlindungan buruh migran masih kalah besar!" Tulis Ilalang Viktoria selaku Koordinator KOBUMI-HK, di jejaring sosial facebook miliknya.



"Hebaaaaatt ! Dan selamat untuk KJRI yang telah menang lomba dalam kategori "PAMERAN KEMBANG" Tetapi dalam kategori "Melindung BMI" Noooooooooll Besar !" Tulis Vivi Dwi Andriani, seorang BMI Hong Kong, di wall facebook miliknya.


BMI menilai kinerja KJRI-HK sangat buruk terhadap perlindungan BMI, berikut beberapa contoh kebijakan yang tidak berpihak kepada BMI dipaparkan oleh Ilalang Viktoria saat di konfirmasi melalui media sosial.


"Tidak memberi ijin buruh migran melakukan kontrak mandiri. Membiarkan buruh migran terjerat pada agency fee yang tinggi (biaya penempatan), tidak memperbolehkan BMI pindah agent untuk BMI yang kontrak pertamakali dan diinterminate." Ujar Ilalang.


Lebih lanjut Ilalang menjelaskan masalah pelayanan KJRI, "pelayanan KJRI yang tidak ramah pada BMI masih sering ditemukan, menjadi pendukung kriminalisasi pemalsuan dokumen yang dilakukan oleh PJTKI. Tidak membuka Shalter selebar-lebarnya bagi BMI yang bermasalah, karena akan selalu dikembalikan ke agent." Ujar Ilalang.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: KJRI HK Menang Lomba "PAMERAN KEMBANG" Tetapi Dalam "Melindung BMI" Nol Besar ! Rating: 5 Reviewed By: Zulkifly lamading