728x90 AdSpace

TERKINI
Sunday 29 June 2014

MayDay 2014, Buruh Sedunia Bersatulah (Editorial Edisi Mei - Jun 2014)

Editorial
Salam Migran,
Hari Buruh Internasional atau MayDay 2014 hari ini kita catat sebagai tonggak kemenangan persatuan perjuangan buruh. Kini MayDay telah menjadi peristiwa kemenangan politik kaum buruh yang sangat penting sebagai bukti adanya pengakuan politik dari rezim penguasa di negeri-negeri jajahan.
Persfektif lain atas peningkatan persatuan perjuangan buruh ini bisa dilihat dari slogan-slogan dan tuntutan-tuntutan yang diusung buruh luas pada May Day ini. Buruh sudah tidak lagi berkutat pada tuntutan sempitnya saja (masalah upah, outsourcing, dan sistem kerja kontrak), tetapi telah bergerak melewati gerbang pabriknya dengan tuntutan-tuntutan seperti menentang RUU Kamnas, tolak kenaikan BBM, dan jaminan kesehatan untuk rakyat. Dengan ini gerakan buruh telah mengikat dan memimpin perjuangan kaum proletar yang senasib untuk bergerak memimpin pembebasan seluruh rakyat tertindas, Buruh Berkuasa Rakyat Sejahtera.
Apa pentingnya persatuan buruh? persatuan buruh yang lemah telah membawa konsekuensi-konsekuensi lainnya yang dapat merugikan perjuangan buruh. Krisis kapitalisme global harus menjadi moment bagi persartuan gerakan buruh untuk menghancurkan kekuatan kapitalisme dengan memajukan perjuangan buruh secara global. Inilah justru yang ditakutkan oleh kelas penguasa kaki tangan kapitalisme. Nasionalisme sempit dijadikan alat yang paling ampuh untuk menelikung kesadaran kelas buruh dan secara efektif adalah musuh paling besar bagi buruh. Harusnya kita sadar kan hal ini untuk semakin menyatukan kekuatan buruh, bahkan untuk melawan krisis kapitalisme global yang begitu nyata.
Mari kita mulai meningkatkan perspektif persatuan perjuangan buruh sebagai bagian dari perjuangan buruh dimanapun seperti semangat yang dimiliki dari MayDay. Terus mengorganisir diri sebagai perjuangan kelas dengan menguasai panggung di semua tingkatan. Terus membangun cara berpikir sebagai proletar yang maju dengan mengkaitkan isu-isu perjuangan lokal dengan perspektif perjuangan global. Pendidikan politik dan ekonomi mengenai peristiwa-peristiwa dunia yakni krisis ekonomi global, perang di berbagai tempat dan kejadian politik di negara-negara lain dimana buruh bekerja secara lintas negara adalah benang merah dari semua usaha persatuan perjuangan buruh.
Mari kita jadikan MayDay (Baca: Hari Buruh Internasional)  sebagai tonggak akan pentingnya semangat persatuan perjuangan buruh sebagai simbol perjuangan klas dan terus menghidupkan slogan: Buruh Sedunia Bersatulah!
Redaksi KORANMIGRAN
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: MayDay 2014, Buruh Sedunia Bersatulah (Editorial Edisi Mei - Jun 2014) Rating: 5 Reviewed By: Unknown