728x90 AdSpace

TERKINI
Thursday 3 December 2015

Benarkah Adanya Eksploitasi Buruh Migran Di Qatar?

Dugaan eksploitasi buruh migran
Menyongsong Migran Day, hentikan Eksploitasi buruh migran. Photo: Ilustrasi.
KORANMIGRAN, JAKARTA - Sejak lima tahun pasca penetapan Qatar sebagai tuan rumah piala dunia telah terjadi Eksploitasi Buruh Migran dan semakin merajalela di negara Teluk Arab itu.

Pernyataan itu datang dari laporan Amnesty Internasional pada hari Selasa, 1 desember 2015. Namun pemerintah Qatar menyangkal adanya  penyalah gunaan buruh migran seperti yang dilaporkan Amnesti Internasional.


Dalam pernyataan Kantor komunikasi Pemerintah Qatar yang dikirimkan pada jurnalis mengatakan, laporan Amnesty tidak akurat. "Kami merasa bahwa tuduhan bahwa Qatar gagal untuk meningkatkan HAM pekerja migran itu tidak benar," katanya.

Perubahan signifikan telah dibuat dan lebih banyak lagi masih dalam proses. Qatar telah banyak dikritik karena perlakuannya pada pekerja migran, khususnya di industri konstruksi.

Laporan Amnesty mengatakan bahwa pekerja asing masih diperlakukan di bawah sistem kafala. Sehingga membutuhkan persetujuan majikan untuk mengganti pekerjaan atau meninggalkan negara tersebut. Hal itu menempatkan nasib mereka pada belas kasihan majikan mereka.

Pemerintah Qatar menyangkal tuduhan bahwa mereka diekploitasi. Pasalnya, Qatar telah mereformasi sistem perlindungan untuk membayar gaji pekerja lewat transfer bank. Memegang paspor migran juga saat ini dianggap ilegal.

Menurut mereka, reformasi itu adalah awal dari berakhirnya hukum kafala di Qatar. Dengan sekitar 200 miliar dolar AS proyek infrastruktur yang direncanakan, ratusan ribu pekerja telah direkrut dari negara-negara seperti India, Nepal dan Bangladesh.


Namun jika benar eksploitasi buruh itu terjadi, dari sekian banyak buruh yang ada mungkin buruh migran asal indonesia juga menjadi korban eksploitasi. Lalu, bagaimana nasib mereka?



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Benarkah Adanya Eksploitasi Buruh Migran Di Qatar? Rating: 5 Reviewed By: Zulkifly lamading